Menyambut mahasiswa baru dan tahun akademik 2018/2019, Universitas Pandanaran menyelenggarakan Studium Generale dengan tema “Menangkal Gerakan Radikalisme Dilingkungan Kampus” yang diselenggarakan di Aula Universitas Pandanaran lantai 3, Minggu 2 September 2018.

Acara tersebut disampaikan oleh AKBP Budi Agus Setiawan (Kabid Dit Intelkam Polda Jateng) dan Awaludin Marwan (peneliti di Satjipto Rahardjo Institute). Tema radikalisme dalam acara studium generale sengaja diambil mengingat ancaman radikalisme dan intoleransi saat ini, menjadi persoalan yang serius pada semua lapisan masyarakat terlebih pada generasi muda.

“Generasi muda adalah aset bagi bangsa Indonesia, melalui perguruan tinggi kita tingkatkan kualitas dan daya saing bangsa. Universitas Pandanaran siap mengantarkan meraih mimpi dan cita-cita kalian semua”, ungkap Rektor Universitas Pandanaran S. Djoko Saryono saat membuka acara studium generale.

Dalam acara tersebut dipaparkan bahwa radikalisme perlu diwaspadai, karena radikalisme mengancam tidak hanya pada satu golongan saja melainkan seluruh lapisan masyarakat. Menurut AKBP Budi Agus Setiawan, sikap toleransi menjadi hal yang sangat fundamental dalam kehidupan bermasyarakat, serta sebagai upaya untuk mencegah terjangkitnya virus radikalisme.

Lebih jauh beliau juga menjelaskan bahwa setiap orang saat ini diharapkan untuk tidak mudah terpancing dengan isu-isu dan berita hoax. Karena berita hoax merupakan ancaman nyata di dunia digital seperti saat ini. Selain itu, media sosial juga menjadi ajang masuknya paham radikal kepada generasi muda.

Sedangkan pembicara kedua yaitu Awaludin Marwan SH, MH, MA, juga menjelaskan pergaulan menjadi poin utama yang harus diperhatikan oleh setiap orang terutama para kaum muda.

“Kita harus banyak bergaul dengan siapapun, serta tidak menutup diri dengan dunia luar. Selain itu budaya dalam bersosial media juga diharapkan santun, ketidak santunan tersebut menimbulkan berbagai konsekuensi termasuk radikalisme dan perilaku intoleransi,” pungkasnya.

sumber : http://jateng.tribunnews.com/2018/09/04/universitas-pandanaran-selenggarakan-studium-general-untuk-menangkal-radikalisme.