Semarang – Jum,at, 3/3, Dalam upaya meningkatkan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi, prodi Ekonomi Manajemen Universitas Pandanaran (Unpand) menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Kurikulum Berbasis KKNI yang berlangsung hari Jum,at, 3 Maret 2017 di ruang Lab.Komputer Universitas Pandanaran. Selain seluruh dosen prodi ekonomi manajemen dan akuntansi, kegiatan dihadiri oleh para dekan dan  kaprodi dari 10 prodi  teknik dan Fisip di Universitas Pandanaran.

Pembicara lokakarya adalah Dr. Alberta Rika Pratiwi, M.Si yang menyampaikan arahan dalam penyusunan kurikulum berbasis KKNI dan juga Standar nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) Permendikbud No. 49 Tahun 2014.

Diharapkan, dengan adanya KKNI ini akan mengubah cara melihat kompetensi lulusan, tidak lagi semata ijazah saja tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil lulusan universitas secara luas.

Di kegiatan ini dirumuskan draft capaian pembelajaran serta bidang kajiannya. Draft tersebut kemudian akan diolah kembali oleh Tim Pengembangan kurikulum prodi untuk penyusunan konsep mata kuliah dan besar sks-nya.

Lokakarya ini merupakan tahap pengembangan kurikulum yang telah berjalan di Universitas Pandanaran. Setelah pemberian materi oleh narasumber, dibuka forum diskusi dengan para peserta . “Akhir Desember 2017, semua prodi di Unpand akan mengacu KKNI,” Ujar Pembantu Rektor II Unpand, Margaretha Maria Sudarwani, S.T.M.T

Komentar

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *