Seminar Entrepreneurship yang diselenggarakan oleh Universitas Pandanaran Semarang bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ Manajemen) fakultas ekonomika dan bisnis pada hari Selasa 24 Oktober 2017 yang diadakan di Merapi Hall, Hotel Grasia Semarang. Pada seminar tersebut mengangkat isu yang menarik dikalangan pemuda yaitu dengan judul “Peran Pemuda Dalam Membangun Wirausaha Yang Mandiri Kreatif dan Inovatif” pada seminar tersebut menghadirkan dua pembicara yaitu diantaranya Harjanto Halim (Pendiri PT. Marimas Putera Kencana) sebagai praktisi industri retail , sedangkan pembicara kedua adalah Maskur Zaenuri (Pendiri CV. Mulia Jati) sebagai praktisi industri ekspor ukir kayu jepara. Seminar tersebut di moderator dan dipandu Oleh Djamaludin Malik, S.Pd, M.Si (Dosen ilmu manajemen FEB UNPAND).

Seminar Kewirausahaan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Pandanaran Ir. S. Djoko Saryono, MS.c yang memberikan pidato sambutan tentang kebijakan pemerintah dalam mendukung kesempatan berwirausaha yaitu dengan mengulas tentang isi Nawacita Presiden Jokowi poin 7 yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Pada Kesempatan tersebut pula, Harjanto Halim banyak mengulas tentang gaya hidup dan pola berpikir anak muda generasi milenial yang kurang memanfaatkan dan cenderung menjadi penonton pada era keberlimpahan informasi dan teknologi. Sedangkan Maskur Zaenuri banyak menyoroti strategi dan tantangan dalam industri ekspor khususnya pada industri ukir kayu terbaik yaitu ukir kayu jepara.

Acara Seminar tersebut mampu menumbuhkan diskusi yang dalam terkait seberapa besar pengaruh pemuda dalam membangun kewirausahaan dalam era global dan pasar dengan mayoritas generasi milenial. Acara tersebut kurang lebih dihadiri oleh 200 peserta baik dari internal maupun eksternal. Kegiatan tesebut merupakan bentuk implementasi  program kampus yakni IEBS (Integrated Edu-Business Services) yang di lakukan oleh HMJ Manajemen UNPAND dengan tujuan agar mahasiswa siap berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *