Civitas Akademika Universitas Pandanaran (Unpand) bersyukur tim KKN PPM nya belum lama ini selesai bertugas di Desa Karangsari Kecamatan Karang Tengah, Demak. Retorat pun langsung melakukan kunjungan di desa tersebut, Minggu( 30/7).
“Saya baru saja berkunjung ke Karangsari pada minggu siang sekaligus memberikan produk olahan ke kades. Di sana sekaligus me-launching produk olahan berbahan baku ikan lele yang berorientasi Bergizi, Berimbang, Sehat dan Aman (B2SA),” jelas Rektor Unpand, Ir Djoko Saryono MSc di Kampus Tembalang usai dari Demak.

Menurut Djoko, penyerahan produk olahan ke Karangsari sekaligus transfer ilmu ke warga untuk membantu wirausaha ke ibu-ibu setempat. Tujuannya agar mereka dapat memanfaatkan budidaya lele pada media terpal dan hasilnya agar diolah jadi makanan siap saji. “Banyak manfaat budidaya lele mentah, bisa diolah durinya dengan dipresto dan dibuat cemilan dengan nama ”Tidurille” atau steak dari duri lele. Di sana, Kades Karangsari Wiryadi Agung Raharjo juga senang dengan KKN-PPM Unpand,” urainya.

Djoko juga menginginkan warga Karangsari Demak untuk bisa kuliah di Unpand karena programnya terarah dan menguntungkan dan mahasiswanya juga dibekali TOEFL dan sertifikat sebagai penyuluh anti narkoba. “Saat kunjungan juga dihadiri Camat Karang Tengah Bekti Utomo MH pejabat setempat dari Bappeda Heru Prayitno dan menyampaikan apresiasi ke Bupati Demak HM Natsir karena KKN PPM Unpand bersinergi dengan pemda. (gus/mg8)

Komentar

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *