kerjasama ugm dan unpand Universitas Pandanaran (UNPAND) menjalin kerjasama sinergitas dengan Universitas Gajah Mada (UGM). Kerjasama tersebut tertuang dalam MoU yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Pandanaran Ir. S. Djoko Saryono., MSc dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni Universitas Gajah Mada Dr. Paripurna P. Sugarda, LL.M pada hari Senin 22 Agustus 2016 di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Kerjasama tersebut merupakan upaya dalam rangka menjalankan Amanah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang disampaikan dalam Forum Rektor Indonesia tanggal 29 s/d 31 Januari 2016 untuk meningkatkan daya saing bangsa dengan mengajak seluruh komponen bangsa termasuk dunia pendidikan untuk menyiapkan dan memacu mutu sumberdaya manusia. Selain lingkup kerjasam dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) kerjasama sinergitas tersebut juga tidak menutup kemungkinan untuk bidang yang lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing institusi. Saat ini Unpand memiliki Klinik Bisnis yang ada pada masing-masing Jurusan dan Program Studi yang merupakan bagian dari Program Integrated Edu-Business Services yang dimiliki oleh Universitas Pandanaran yang merupakan salah satu bagian dari Program Unggulan Unpand Go ASEAN.

Rektor Universitas Pandanaran berpendapat “bahwa dalam merespon isu-isu strategis dan tantangan-tantangan ke depan Bangsa Indonesia, Universitas Pandanaran dalam mengemban amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi telah membentuk Program IEBS (Integrated Edu-Business Services) yang merupakan rumah terbuka untuk kalangan intelektual lintas disiplin, lintas institusi dan kalangan lintas profesional, yang mana kami melakukan langkah sinergitas dengan Universitas Gajah Mada yang memiliki Sumberdaya Manusia yang cukup besar”. Djoko Saryono juga menambahkan bahwa “Universitas Pandanaran sangat konsen dalam menjalankan program entrepreneuship dan mendukung program pemberdayaan masyarakat desa dan program pemberdayaan warga miskin”.

ugm dan unpandDr. Paripurna P. Sugarda, LL.M mengungkapkan bahwa “UGM sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Universitas Pandanaran melalui langkah-langkah sinergitas yang terbangun, kedepannya UGM siap memberikan dukungan baik sumberdaya manusia yang dimiliki maupun ide dan gagasan serta program-program yang dimiliki oleh UGM untuk dapat di kerjasamakan dan dilakukan bersama-sama, saat ini Universitas Gajah Mada (UGM) telah mendapat kepercayaan dari Pemerintah (Kementrian Dalam Negeri) untuk mengawal program Undang-undang Desa No. 6 tahun 2014. Kami berharap Universitas Pandanaran untuk dapat turut berpartisipasi melalui sinergitas dengan UGM melalui Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan yang Kami miliki” imbuhnya.

Komentar

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *