Profil


S e j a r a h

Universitas Pandanaran berdiri sejak tahun 1996 di Semarang. Universitas Ki Ageng Pandanaran Semarang (UNPAND) berdiri  tepatnya  tanggal 8 Agustus 1996 dengan SK Mendikbud Nomor 59/D/O/1996. UNPAND  didirikan  atas usaha tokoh pendirinya a.l: Bp. Sutrisno Suharto (Walikota Semarang  1990-2000)

Kelangsungan  penyelenggaraan Universitas Pandanaran Semarang tidak lepas dari keberadaan Yayasan Abdi Masyarakat Korpri Kota Semarang dan hingga kini masih di kelola oleh Yayasan tersebut. Universitas Pandanaran Semarang memiliki 3 (lima) fakultas dengan  10 (sepuluh) Jurusan/Program Studi meliputi  Program Studi Strata Satu (S1) yang terdiri dari Program Studi Teknik Arsitektur, Manajemen dan Akuntansi serta Program Diploma III (D III) meliputi Program Studi Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Sipil, ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Niaga.

UNPAND mempunyai Rektor baru Periode 2010-2014. Orang tepilih oleh Yayasan Abdi Masyarakat,  ialah Dr. H. Inu Kencana Syafiie MSi. Beliau pensiunan PNS, yang beberapa tahun lalu bekerja sebagai dosen di STPDN.

Pada tahun  2004, UNPAND meresmikan gedung milik sendiri di daerah Tembalang, yang berdekatan dengan kampus universitas negeri di Semarang. Peresmian dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah  saat itu, Bp. Mardiyanto. Tepatnya tanggal 5 Maret 2004.


kaitan : http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Pandanaran

Visi & Misi

Visi
Menjadikan Universitas Pandanaran sebagai wahana pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, yang mengakar pada kebutuhan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup serta kemanusiaan, sehingga mampu mendinamisasikan kehidupan masyarakat serta mampu mengharmonisasikan kehidupan di tingkat lokal, regional, nasional maupun global.

Misi
1. Menyebarluaskan program pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan pembangunan nasional, di dalam kerangka peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.
2. Berperan sebagai mitra pemerintah, khususnya pemerintah di daerah dalam bentuk partisispasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan produktifyang terkait dengan upaya pembangunan daerah dan perbaikan kehidupan manusia.
3. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bermuara kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat.


Struktur Organisasi

Universitas Pandanaran - Semarang, saat ini dipimpin oleh Rektor dengan dibantu  3 orang Pembantu Rektor dalam  bidang Akademik, Administrasi & Keuangan , dan Kemahasiswaan.


Ketua Yayasan Abdi Masyarakat , KORPRI Kota madya Semarang.
Dra. Harini Krisniati, MM


Rektor Universitas Pandanaran
Rektor UNIVERSITAS PANDANARAN
Drs. Erwin D.E Wibowo, M.Pd.

Pembantu Rektor I - Bidang Akademik :


Pembantu Rektor II - Bidang Administrasi & Keuangan :
Rina Arifati,  SE.Akt

Pembantu Rektor III - Bidang Kemahasiswaan :
Anief Rufiyanto, ST

Ketua Lemb.Penelitian & Lemb.Pengabdian Masyarakat :  Eko Sasono, SE, MM.
Sekretaris LPPM : Yohanes Dicky Ekaputra, ST, MT

Kepala BAUK : M. Mahfud Efendi, AMd


Pimpinan Fakultas dijabat oleh Dekan yang dibantu Ketua Jurusan/Program Studi.


Dekan Fakultas Ekonomi : Maria M. Minarsih, SE, MM
Sekretaris Fakultas : Kharis Raharjo, SE, MSi.Ak

Ketua Progdi Akuntansi : Rita Andini, SE, MM


Ketua Progdi Manajemen : Muh. Mukeri Warso, SAg, MM


Dekan Fakultas I. Sosial & I. Politik : Hermawan Budiyanto, S.Sos, MSi

Ketua Progdi Admitrasi Niaga : Dra. Retno Djohar Juliani, MPd

Ketua Progdi Ilmu Komunikasi - Hub. Masyarakat : Rekno Sulandjari, SSos, MIkom

Dekan Fakultas Teknik : Widi Astuti, ST, MSi-

Ketua Progdi Tenik Lingkungan : Sri Subekti, ST, MSi

Ketua Progdi Teknik Elektronika : Rocham, ST

Ketua Progdi Teknik Kimia : Agustien Zulaidah, ST, MT

Ketua Progdi Teknik Mesin : Jotho, ST

Ketua Progdi Teknik Arsitektur : Maria Margaretha S., ST, MT

Ketua Progdi Teknik Sipil : Ir. Widayat Amaransyah