SEMARANG – Minggu, 5/3/2017, Kuliah Kerja Nnyata (KKN) Universitas Pandanaran (Unpand) ke-24 yang berkampus di Jalan Banjarsari Barat no.1 Tembalang akhirnya sukses melaksanakan tugasnya tersebar di 7 kelurahan di Kecamatan Gunungpati. Kemarin selama sebulan penuh mereka selesai m; elaksanakan tugas akademiknya sejak 5 Februari-5 Maret.

KKN Unpand yang bertugas di Kelurahan Patemon Kecamatan Gunungpati kemarin mengakhir tugasnya dengan menggelar jalan sehat, senam bersama dan pembagian doorprize di Embung Patemon. Ratusan warga menyambut hari terakhir mahasiswa KKN Unpand bertugas. Selama 1 bulan, KKN Unpand di Patemon di fokuskan pada tema, ‘Memanfaatkan Embung Sebagai Ekowisata Untuk Pemberdayaan Masyarakat’.

Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unpand Leonardo Budi Hasiholan SE. MM mengatakan, selama sebulan mahasiswa KKN meninggalkan program yang bagus. Karena tahun ini KKN Unpand fokus pada kegiatan tematik di lingkungan warga, di antaranya ada pemasaran embung, pelatihan batik, pengolahan sentra kolang-kaling, pengolahan susu dan lain-lain. “Program KKN Tematik ini lebih pada pelatihan warga yang pengembangannya juga bisa untuk bisnis home industri. Dahulu KKN umumnya kegiatannya soal pembangunan jalan, namun ini lebih pada tematik,” jelasnya.

Senada dikatakan, Ketua LPPM Unpand, Sri Praptono,S.Sos, MM bahwa tugas akademik KKN Unpand memang difokuskan di satu wilayah agar bisa fokus tidak menyebar ke mana-mana. “Kalau di satu tempat seperti Kecamatan Gunungpati bisa lebih fokus dalam bertugas,” terangnya. Dikatakan, KKN selama sebulan penuh. Sebelumnya diawali dengan survai lokasi dan mencari tema yang cocok untuk kelurahan tujuan. “Lama KKN 30 hari dilapangan, 30 hari digunakan untuk survai lokasi, pembentukan tema, pengajuan dan presentasi proposal tema KKN masing-masing kelurahan, sehingga saat bertugas tinggal jalan saja dan fokus,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *