Integrated Edu-Business Services (IEBS)

LATAR BELAKANG

Memasuki era ekonomi berbasis pengetahuan dan globalisasi, khususnya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sarat dengan persaingan, peran perguruan tinggi dalam membangun daya saing bangsa menjadi sangat vital. Kesejahteraan dan kemajuan bangsa tidak lagi ditentukan oleh melimpahnya sumber daya alam, atau banyaknya tenaga kerja yang tersedia, tetapi lebih ditentukan oleh produktivitas dan kreativitas sumber daya manusianya. Perguruan Tinggi (PT) adalah salah satu harapan untuk memperkuat daya saing bangsa dalam menghadapi persaingan global. Harapan tersebut juga sejalan pula dengan tujuan Renstra Pendidikan Tinggi 2010-2014 Nomor 3 (tiga), yaitu ketersediaan pendidikan tinggi Indonesia yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan pembangunan nasional sehingga berkontribusi secara nyata kepada peningkatan daya saing bangsa. Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, yang merupakan unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, diyakini dapat mewujudkan harapan tersebut. Oleh karena itu Tri Dharma PT senantiasa harus kita laksanakan sebagai insan sivitas akademika. Disamping itu Perguruan Tinggi memiliki kewajiban melaksanakan pendidikan, menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Menjawab tantangan ini, dalam rangka menghadapi MEA dan Liberalisasi Ekonomi di tingkat Global, Universitas Pandanaran terpanggil untuk membuat konsep yang mengintegrasikan seluruh Sumber Daya Sivitas Akademika untuk secara langsung berpartisipasi memfasilitasi dan menggerakan kesadaran dan potensi masyarakat untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui Konsep Integrated Edu-Business Services (IEBS). IEBS adalah pemberdayaan layanan Universitas Pandanaran kepada masyarakat luas yang berbasis program studi untuk meningkatkan kinerja institusi/lembaga/dunia usaha dan sumber daya manusia agar mampu memiliki daya saing. IEBS ini menjadi bagian implementasi dari pengembangan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam menjawab kebutuhan praktis bisnis yang berkembang dalam masyarakat luas. Konsep IEBS ini sejalan dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi menegaskan bahwa tujuan pendidikan tinggi adalah menyiapkan peserta didik untuk: Mampu menciptakan ilmu pengetahuan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya.

Universitas Pandanaran menterjemahkan peran dan fungsi Perguruan Tinggi secara lebih konkret dalam turut mengatisipasi dan menghadapi MEA dan Liberalisasi Ekonomi Dunia melalui layanan akademis (berupa: Pendidikan dan Pelatihan, Riset, Seminar, Konsultansi dan Layanan Bisnis Praktis) berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Knowledege Based Economic) dan kebutuhan pasar (Market Driven). Universitas Pandanaran sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang ber-Visi Bermutu, Bermartabat, Mandiri dan berorientasi Enterpreneurship memiliki pusat layanan dan pengembangan Business Plan yang berbasis pada Integrated Edu-Business Services (IEBS). Selain bertujuan untuk meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) IEBS juga merupakan inovasi layanan yang berbasis Edu-Business kepada Stakeholders.

Disisi lain menyadari bahwa Universitas Pandanaran merupakan Perguruan Tinggi swasta yang memberikan layanan pendidikan, penelitaian, pengabdian kepada masyarakat luas dimana pendanaan Universitas tidak berasal dari pemerintah (APBN dan APBD) melainkan dari usaha mandiri. Untuk melangsungkan dan mengembangkan Universitas Pandanaran diperlukan Strategic Business Unit (SBU) dalam hal ini berupa Integrated Edu-Business Services (IEBS) yang berbasis program studi dianggap paling tepat dan strategis, sesuai dengan karakteristik Universitas.

Dalam pelaksanaan IEBS, Universitas Pandanaran secara internal mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pihak Yayasan Abdi Masyarakat Kota Semarang serta pentingnya melakukan Strategic Patnership dengan pihak eksternal baik sumber daya dari Universitas, profesional, pemerintah dan praktisi swasta yang merupakan satu kesatuan human capital yang bersifat akademik.

Agar Layanan Program Studi Atau IEBS (Integrated Edu-Business Services) Universitas Pandanaran ini dapat lebih efektif, maka perlunya penyusunan buku panduan pelaksanaan IEBS.

LANDASAN HUKUM

        1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Tentang Yayasan.
        2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
        3. Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
        4. Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
        5. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik;
        6. Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
        7. Undang-undang nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
        8. Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan nomor 059/D/O/1996;
        9. Statuta Universitas Pandanaran tahun 2014.
        10. Surat Keputusan Rektor Universitas Pandanaran nomor :……/sk.ak/unpand/xi/2014 Tentang panduan pengembangan kegiatan layanan program studi di lingkungan universitas pandanaran
        11. Surat Kesepakatan Bersama Universitas Pandanaran dengan Wali Kota Semarang nomor :……… Tentang : Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi.

ASAS

Pelaksanaan IEBS harus berpedoman pada nilai-nilai keterbukaan, kejujuran, profesionalitas, akuntabilitas, team work, kemanfaatan dan keberlanjutan.

TUJUAN

Layanan IEBS (Integrated Edu-Business Services) Universitas Pandanaran ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja kesehatan keuangan Universitas Pandanaran. Dengan status keuangan Universitas Pandanaran yang sehat, maka Universitas mempunyai peluang untuk bertumbuh dan berkembang menjadi Universitas yang Unggul (Excelance) dan memiliki kontribusi yang kongkrit untuk masyarakat luas.

SASARAN

  1. Terciptanya peran dan fungsi Program Studi sebagai Pusat Layanan Edu-Business praktis kepada masyarakat luas.
  2. Terealisasinya Integrated Edu-Business Services (IEBS) sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang secara langsung merupakan implementasi pelayanan Universitas Pandanaran dengan konsep Knowledge Based Economic dan Market Driven.
  3. Meningkatnya kinerja dan kesehatan keuangan Universitas Pandanaran melalui layanan produk IEBS.

Panduan dan SOP IEBS Dapat Di Download Di SINI

Komentar

Komentar