Universitas Pandanaran Semarang https://www.unpand.ac.id Becoming Integrated Edu-Business University Fri, 23 Mar 2018 09:28:12 +0000 en-GB hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.4 Unpand Perkuat Kompetensi Mahasiswa di Bidang Jasa Keuangan https://www.unpand.ac.id/unpand-perkuat-kompetensi-mahasiswa-di-bidang-jasa-keuangan.html https://www.unpand.ac.id/unpand-perkuat-kompetensi-mahasiswa-di-bidang-jasa-keuangan.html#respond Fri, 23 Mar 2018 09:28:12 +0000 https://www.unpand.ac.id/?p=1622  

Tingkatkan kompetensi lulusan, Program Studi Akuntasi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang, jalin kerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Phintraco Sekuritas, KSEI, KPEI serta IDX yang berada di bawah naungan BEI (Bursa Efek Indonesia). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di kampus Unpand, Banjarsari Barat,Tembalang, Semarang, Rabu (21/3).

Dalam kesempatan tersebut, juga turut diresmikan Galeri Investasi (GI) dan Seminar Nasional tentang Pasar Modal sebagai Alternatif Investasi. Peresmian Galeri Investasi dilakukan secara bersama antara Rektor, Kepala Divisi Pengembangan Wilayah PT BEI M Khadafi Mukrom, Associate Director of Phintraco Sekuritas Ferawati, serta Rusly Albas selaku Deputi Direktur Pengawasan dan Perijinan OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY.

“Mahasiswa Unpand , dipersiapkan sebagai pemimpin. Oleh karenanya salah satu upayanya, dengan mengundang lembaga yang berkaitan dengan pembangunan ekonomi seperti OJK, Phintraco Sekuritas, KSEI, KPEI serta IDX . Diharapkan tidak hanya bertambah ilmu pengetahuan tentang investasi di berbagai bidang usaha, namun sekaligus ikut serta sebagai pelakunya,” lanjut Rektor Unpand Ir Djoko Saryono MSc.

Sementara, Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Nur Satyo Kurniawan dalam paparannya menyampaikan, bahwa OJK dibentuk berdasarkan UU no.21 Tahun 2011 yang bertujuan sebagai regulator dan pengawas perbankan di Indonesia kecuali koperasi.

Ferawati menambahkan jika Galeri Investasi di Unpand adalah yang ke-6 di Semarang 86 yang tersebar di seluruh PT di Indonesia. Dengan adanya Galeri Investasi diharapkan mahasiswa hanya bermodal Rp 100 ribu bisa belajar perdagangan saham di Indonesia, berlatih dan sekaligus praktek dengan menggunakan mesin simulator (Profit Simulator), melalui akun simuator mahasiswa bisa melakukan transaksi secara real.

Sementara, Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra Harini Krisniati MM, selaku yayasan yang menaungi Unpand Semarang, menuturkan kerjasama tersebut sangat menstimuli berbagai pihak, untuk ikut menghidupkan investasi di berbagai usaha baik perbankan, pasar modal dan industri keuangan non bank. Haparannya perekonomian Indonesia bisa semakin meningkat di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, setelah memberikan materi seminar nasional, Kepala Divisi Pengembangan Wilayah PT BEI M Khadafi Mukrom juga melantik empat mahasiswa yang berkompeten, untuk menjadi petugas Galeri Investasi di Universitas Pandanaran

]]>
https://www.unpand.ac.id/unpand-perkuat-kompetensi-mahasiswa-di-bidang-jasa-keuangan.html/feed 0
Lowongan Pekerjaan – Kimia Farma https://www.unpand.ac.id/lowongan-pekerjaan-kimia-farma.html https://www.unpand.ac.id/lowongan-pekerjaan-kimia-farma.html#respond Sat, 17 Feb 2018 02:03:04 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1602 Dibutuhkan Lulusan:

  • D3 AKUNTANSI/PAJAK
  • D3 AKUNTANSI/S1 AKUNTANSI
  • S1 BIOLOGI
  • S1 TEKNIK MESIN
  • S1 TEKNIK SIPIL
  • S1 TEKNIK LINGKUNGAN
  • D3 ANALIS KIMIA
  • D3 PERPUSTAKAAN
  • SMK KIMIA INDUSTRI
  • SMK KOMPUTER
  • GP AESTHETICS/SPKK
  • D3 KEPERAWATAN
  • D3 FARMASI
  • D3 TEKNIK OTOMASI
  • D3 TEKNIK REFRIGASI & TATA UDARA
  • D3 TEKNIK MESIN
  • D3 TEKNIK LISTRIK
  • D3 ELEKTROMEDIK

 

Persayaratan :
Max usia 27 th
Belum menikah

 

Bagi yg berminat isi link berikut ini :
http://bit.ly/opreckf

Tidak dipungut biaya. Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Kimia Farma

]]>
https://www.unpand.ac.id/lowongan-pekerjaan-kimia-farma.html/feed 0
Company Visit UPCC https://www.unpand.ac.id/company-visit-upcc.html https://www.unpand.ac.id/company-visit-upcc.html#respond Wed, 14 Feb 2018 02:29:55 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1582

Company Visit merupakan program kerjasama antara UPCC dengan perusahaan, terkait dengan informasi lowongan kerja, pengembangan Sumber Daya Manusia  serta upaya meningkatkan  kompetensi mahasiswa terhadap dunia kerja. Melalui  Company Visit diharapkan lulusan Unpand mampu menambah wawasan tentang dunia kerja dan mampu bersaing dengan alumni dari perguruan tinggi yang lain. Kunjungan UPCC beserta mahasiswa ke Pand’s Muslim Departement Store sebagai salah satu usaha dibidang retail yang sangat representatif dilaksanakan pada tanggal 23 September 2017 yang diterima  oleh Bapak Ripno Hadi Partono selaku Manajer.

]]>
https://www.unpand.ac.id/company-visit-upcc.html/feed 0
Hadapi Era Milenial, Universitas Pandanaran Bentuk SDM Berjiwa Enterpreuner https://www.unpand.ac.id/hadapi-era-milenial-universitas-pandanaran-bentuk-sdm-berjiwa-enterpreuner.html https://www.unpand.ac.id/hadapi-era-milenial-universitas-pandanaran-bentuk-sdm-berjiwa-enterpreuner.html#respond Sun, 11 Feb 2018 06:20:04 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1569 Globalisasi memiliki pengaruh besar terhadap dunia ketenagakerjaan. Manusia dituntut untuk semakin kreatif, profesional serta inovatif. Tantangan tersebut menjadi dorongan atau visi bagi Universitas Pandanaran (Unpand), membentuk sumber daya manusia yang memiliki jiwa pengusaha atau enterpreunership.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unpand, Andi Tri Haryono SE MM dalam sebuah acara Seminar Nasional bertajuk “Membangun Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing dalam Menghadapi Globalisasi Tenaga Kerja”, Minggu (4/2/2018)

“Kalau kita melihat posisi Indonesia dalam persaingan di bidang enterpreunership, Indonesia menduduki posisi middle atau rangking 90 dari 173 negara. Ini merupakan challenge atau tantangan bagi Universitas Pandanaran agar mampu menciptakan SDM berjiwa pengusaha,” tambah Andi.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh BEM Unpand di Aula Poncowati, Hotel Patra Semarang tersebut, juga turut hadirkan Dra Harini Krisniati MM selaku Ketua Yayasan Abdi Masyarakat, Presdir Majalah Gatra Ir Teguh P Slamet, serta Dr Ir Delima Hazri Azhari MS selaku peneliti muda dan mantan Dirjen Pertanian RI.

Harini Krisniati menuturkan, jika Universitas hanya berpijak atau berorientasi pada permasalahan akademik secara baku, tentu SDM yang dibentuk tidak akan siap masuk dalam persaingan tenaga kerja yang semakin ketat.

“Kompetensi saat ini menjadi salah satu yang harus dikembangkan di Unpand. Bahkan perkara pembentukan jiwa pengusaha sebagai visi Unpand, sudah ditekankan pada semua prodi untuk jangan hanya melihat dari sisi formalitas. Transfer Knowledge harus benar benar dikembangkan,” ungkap Hartini.

Terlebih menurut Hartini, Unpand sebagai Universitas yang baru dan sedang berkembang, sering dipandang sebelah mata. Perekrutan Apatur Sipil Negara oleh pemerintah ataupun perekrutan pegawai oleh perusahaan BUMN kerap menjadikan Universitas sebagai bahan pertimbangan.

“Karena itu, membentuk jiwa pengusaha adalah solusi terbaik dalam menghadapi globalisasi dan persaingan tenaga kerja,” pungkasnya.

Unpand Bekerjasama dengan Yayasan Abdi Masyarakat untuk Rangkul Pedagang Kaki Lima.

Tidak hanya sekedar visi dan wacana, kini Unpand telah bekerjasama dengan Yayasan Abdi Masyarakat untuk rangkul PKL muda di Jawa Tengah. Hal tersebut menunjukan bahwa visi Unpand bukan sekedar membentuk jiwa kewirausahaan pada mahasiswanya, tetapi juga pada masyarakat.

Setiap manusia memiliki potensi menjadi pengusaha. Salah satunya pedagang kaki lima.

“Bila Yayasan Abdi Masyarakat bersama Universitas Pandanaran mampu mengasah skill, mengolah kemampuan managemen serta memunculkan kemampuan marketing para PKL muda ini, maka mereka akan tumbuh puluhan kali lipat lebih tinggi,” ungkapnya. (*)

]]>
https://www.unpand.ac.id/hadapi-era-milenial-universitas-pandanaran-bentuk-sdm-berjiwa-enterpreuner.html/feed 0
Unpand Sukses Raih Akreditasi B https://www.unpand.ac.id/unpand-sukses-raih-akreditasi-b-2.html https://www.unpand.ac.id/unpand-sukses-raih-akreditasi-b-2.html#respond Mon, 04 Dec 2017 00:44:31 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1420 SEMARANG-Kabar bahagia belum lama ini datang dari Universitas Pandanaran (Unpand) yang berkampus di Jalan Banjarsari Barat No 1, Tembalang. Unpand baru saja meraih atau mendapatkan akreditasi institusi dengan nilai B yang diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK 4253/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017.

“Bersyukur dan alhamdullillah berkat kerja keras bersama dengan para civitas akademika. Selama 21 tahun berdiri baru sekarang ini pecah telor,” jelas Rektor Unpand Ir Djoko Saryono MSc dalam rilisnya usai menghadiri syukuran akreditasi di Kampus Unpand, kemarin.

Djoko mengatakan, dari 4.529 perguruan tinggi di Indonesia baik PTN/PTS baru sekitar 473 perguruan tinggi yang berhasil meraih peringkat dengan mutu akreditasi institusi B atau kurang lebih 10 persen. “Ini terasa ada kepuasan batin tersendiri setelah meraih akreditasi B. Seperti menjadi catatan sejarah Civitas Akademika Universitas Pandanaran beserta stakeholdernya,” ujarnya.

Sementara dalam acara syukuran perolehan akreditasi di kampus kemarin juga dihadiri Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra Harini Krisniati MM, istri Rektor Unpand Angelina Irna bersama para dosen dan karyawan di lingkungan kampus. Mereka senang dengan rasa kebersamaan bersyukur dengan menggelar doa dan syukuran sebagai terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. (04).

]]>
https://www.unpand.ac.id/unpand-sukses-raih-akreditasi-b-2.html/feed 0
Unpand Sukses Raih Akreditasi B https://www.unpand.ac.id/unpand-sukses-raih-akreditasi-b.html https://www.unpand.ac.id/unpand-sukses-raih-akreditasi-b.html#respond Sun, 03 Dec 2017 17:24:47 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1416

SEMARANG-Kabar bahagia belum lama ini datang dari Universitas Pandanaran (Unpand) yang berkampus di Jalan Banjarsari Barat No 1, Tembalang. Unpand baru saja meraih atau mendapatkan akreditasi institusi dengan nilai B yang diperoleh dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK 4253/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017.

“Bersyukur dan alhamdullillah berkat kerja keras bersama dengan para civitas akademika. Selama 21 tahun berdiri baru sekarang ini pecah telor,” jelas Rektor Unpand Ir Djoko Saryono MSc dalam rilisnya usai menghadiri syukuran akreditasi di Kampus Unpand, kemarin.

Djoko mengatakan, dari 4.529 perguruan tinggi di Indonesia baik PTN/PTS baru sekitar 473 perguruan tinggi yang berhasil meraih peringkat dengan mutu akreditasi institusi B atau kurang lebih 10 persen. “Ini terasa ada kepuasan batin tersendiri setelah meraih akreditasi B. Seperti menjadi catatan sejarah Civitas Akademika Universitas Pandanaran beserta stakeholdernya,” ujarnya.

Sementara dalam acara syukuran perolehan akreditasi di kampus kemarin juga dihadiri Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Dra Harini Krisniati MM, istri Rektor Unpand Angelina Irna bersama para dosen dan karyawan di lingkungan kampus. Mereka senang dengan rasa kebersamaan bersyukur dengan menggelar doa dan syukuran sebagai terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa. (04).

]]>
https://www.unpand.ac.id/unpand-sukses-raih-akreditasi-b.html/feed 0
Sebanyak 165 Mahasiswa Unpand Diwisuda https://www.unpand.ac.id/sebanyak-165-mahasiswa-unpand-diwisuda.html https://www.unpand.ac.id/sebanyak-165-mahasiswa-unpand-diwisuda.html#respond Wed, 08 Nov 2017 10:29:13 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1389 SEMARANG-Pemerintah RI meminta semua universitas untuk tegas dalam memerangi radikalisme yang ada di sekitar kampus. Orang-orang yang masuk ke kampus dengan maksud akan merusak generasi muda harus dicegah. “Kami dari Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang kini juga gencar dan waspada memerangi radikalisme. Karena ini juga anjuran dari Presiden Joko Widodo beberapa bulan yang lalu,” tegas Rektor Unpand Ir Djoko Saryono MSc saat melepas 165 orang sarjana D3-S1 wisuda ke-18 di Hotel Patrajasa, Rabu (8/11).

Djoko menegaskan, paham radikalisme dan terorisme harus diberantas jangan sampai masuk ke kampus. Semua mahasiswa Unpand kinijuga dibekali penguatan mental anti radikalisme dan terorisme, serta bebas narkoba. “Untuk membekali mental mahasiswa, kami juga sudah kerjasama dengan polrestabes dan kodim serta kesbanglinmas untuk memberikan penguatan ke mahasiswa lewat berbagai seminar dan ospek penerimaan mahasiswa baru (PMB),” terangnya.

Senada ditegaskan Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Unpand, Harini Krisniati MM bahwa dirinya mengaperasi langkah yang diambil rektorat dengan menggandeng berbagai pihak demi mahasiswa. ”Kalau kita dari yayasan mentarget pada 2021 Unpand harus bisa meraih akreditasi A,”ucapnya.

Dikatakan, pihaknya akan terus mendorong pihak rektorat untuk meningkatkan kualitasnya dan siap menghadapi persaingan dengan kampus lain. “Daya saing bisa dilakukan bila mahasiswanya dibekali dengan keahlian dalam bahasa Inggris dan kewirausahaan,” ucapnya. Sementara wisuda terbaik kemarin diraih Danu Umbara dari Fakultas Ekonomi prodi S1 akuntansi IPK 3,82 dan Intan Hermandaniawa dari Fakultas Fisip D3 Kehumasan IPK3,88. (04)

sumber : jatengnews.net

]]>
https://www.unpand.ac.id/sebanyak-165-mahasiswa-unpand-diwisuda.html/feed 0
Seminar Entrepreneurship https://www.unpand.ac.id/seminar_entrepreneurship.html https://www.unpand.ac.id/seminar_entrepreneurship.html#respond Mon, 06 Nov 2017 14:50:52 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1385

Seminar Entrepreneurship yang diselenggarakan oleh Universitas Pandanaran Semarang bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ Manajemen) fakultas ekonomika dan bisnis pada hari Selasa 24 Oktober 2017 yang diadakan di Merapi Hall, Hotel Grasia Semarang. Pada seminar tersebut mengangkat isu yang menarik dikalangan pemuda yaitu dengan judul “Peran Pemuda Dalam Membangun Wirausaha Yang Mandiri Kreatif dan Inovatif” pada seminar tersebut menghadirkan dua pembicara yaitu diantaranya Harjanto Halim (Pendiri PT. Marimas Putera Kencana) sebagai praktisi industri retail , sedangkan pembicara kedua adalah Maskur Zaenuri (Pendiri CV. Mulia Jati) sebagai praktisi industri ekspor ukir kayu jepara. Seminar tersebut di moderator dan dipandu Oleh Djamaludin Malik, S.Pd, M.Si (Dosen ilmu manajemen FEB UNPAND).

Seminar Kewirausahaan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Pandanaran Ir. S. Djoko Saryono, MS.c yang memberikan pidato sambutan tentang kebijakan pemerintah dalam mendukung kesempatan berwirausaha yaitu dengan mengulas tentang isi Nawacita Presiden Jokowi poin 7 yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Pada Kesempatan tersebut pula, Harjanto Halim banyak mengulas tentang gaya hidup dan pola berpikir anak muda generasi milenial yang kurang memanfaatkan dan cenderung menjadi penonton pada era keberlimpahan informasi dan teknologi. Sedangkan Maskur Zaenuri banyak menyoroti strategi dan tantangan dalam industri ekspor khususnya pada industri ukir kayu terbaik yaitu ukir kayu jepara.

Acara Seminar tersebut mampu menumbuhkan diskusi yang dalam terkait seberapa besar pengaruh pemuda dalam membangun kewirausahaan dalam era global dan pasar dengan mayoritas generasi milenial. Acara tersebut kurang lebih dihadiri oleh 200 peserta baik dari internal maupun eksternal. Kegiatan tesebut merupakan bentuk implementasi  program kampus yakni IEBS (Integrated Edu-Business Services) yang di lakukan oleh HMJ Manajemen UNPAND dengan tujuan agar mahasiswa siap berwirausaha.

]]>
https://www.unpand.ac.id/seminar_entrepreneurship.html/feed 0
BNSP Bekali Uji Kompetensi Kampus Unpand https://www.unpand.ac.id/bnsp-bekali-uji-kompetensi-kampus-unpand.html https://www.unpand.ac.id/bnsp-bekali-uji-kompetensi-kampus-unpand.html#respond Tue, 24 Oct 2017 09:38:29 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1371 SEMARANG-Demi membantu kualitas SDM dan menambah keahlian kerja, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Pusat memberikan uji kompetensi bagi mahasiswa, dosen dan karyawan Universitas Pandanaran (Unpand). Uji kompetensi penting karena peserta karena mereka juga dapat sertifikat resmi dan lulus memudahkan mencari pekerjaan khususnya mahasiswa.

“Selama dua hari ada uji kompetensi di Unpand. Mahasiswa jaman sekarang lulus sarjana saja modalkan ijazah sulit diterima pekerjaan. Bila sudah punya sertifikat, Anda akan mudah diterima kerja,” jelas Asesor BNSP Pusat Bambang Tri Haryono bersama wakilnya Purwanoto di hadapan civitas akademika Unpand, Senin (23/10). Kemarin BNSP memberikan “Sosialisasi dan Implementasi Program Indonesia Kompeten” dibuka Rektor Unpand Ir Djoko Saryono MSc dan dihadiri Ketua Yayasan Abdi Masyarakat Harini Krisniati MM serta pejabat struktural.

Bambang menegaskan, sistem aturan uji kompetensi ini resmi karena program Indonesia kompeten yang baruAgustus lalu dimulai. Ini sebenarnya juga gagasan dari Presiden Jokowi untuk dideklarasikan di 18 provinsi di Indoensia. “Uji kompetensi ini ada tingkatannya dan untuk Unpand masih level awal kami akan menguji tentang operator komputer. Selama dua hari Anda akan kami pengoperasian operator komputer mengenalkan soal word, exel dan power point,” terangnya.

Penyelenggara Uji Kompetensi Unpand, Dukut M Prabantara menambahkan, mahasiswa sebelum lulus memang harus punya sertifikat uji kompetensi. Meski masih level pertama mempelajari operator komputer, namun dunia kerja juga banyak dibutuhkan. “Pastinya juga optimis berani melamar pekerjaan. Maka, inilah pentingnya kita mengadakan acara ini,” terangnya

sumber : jatengnews.net

 

]]>
https://www.unpand.ac.id/bnsp-bekali-uji-kompetensi-kampus-unpand.html/feed 0
Lantai Tiga Present https://www.unpand.ac.id/lantai-tiga-present.html https://www.unpand.ac.id/lantai-tiga-present.html#respond Thu, 19 Oct 2017 04:20:11 +0000 http://www.unpand.ac.id/?p=1348

UKM MUSIK LANTAITIGA
P r e s e n t:
🎉 BECOME A FRIEND 2017 📣 “SAVE ANIMAL”

BECOME A FRIEND kembali hadir dengan mengusung tema ‘SAVE ANIMAL’ : berharap dapat menjadi suatu trigger untuk kegiatan penyelamatan hewan domestik dan mempererat tali persaudaraan komunitas ukm musik luar kota serta komunitas-komunitas disemarang .
Jangan sampai terlewatkan karena acara ini bakal menjadi sejarah baru di Tembalang!
.
✏ MARK YOUR CALENDAR!
📅 Jumat, 20 Oktober 2017
🕝 15.00 – end
📍 Komplek Unpand Tembalang
.
Special perfrom:
• DYHO HAW
• WEEKENDERS AGOGO
• SAESTU REGGAE
.
Local perform:
MORNING DISASTER | THREEHEX | GVM | DE BROTHERS | PHSYCO LOVE | BLACKSWORD | THE SECRET OF SRIKANDI
.
Host by: DUO DABLEG
.
Komunitas:
JAZZ NGISORINGIN | SEMARANG BLUES COMMUNITY | UKM MUSIK SEVEN MAGELANG | UKM MUSIK UAD JOGJA | UKM MUSIK GEMA NADA PEKALONGAN | UKM MUSIK UNITOMO SURABAYA | MPR UNDIP (MAHASISWA PECINTA REPTIL) | SIC ( SEMARANG INDONESIA CROCODILLE) | IOC ( INDONESIAN OWL COMMUNITY)
.
Media partner:
• EVENTSCLIKS • EVENT.SEMARANG
• MUSIKJENGJRENG
• SEMARANG ON FIRE
• HOMESICK
• JAKUL SEMARANG
• RCT FM
• SUARA DIPONEGORO
• SUARA SERASI FM
• SEMARANGTV
.
Thanks to:
• TUHAN YANG MAHA ESA
• RESTU PARA ORANGTUA
• UNIVERSITAS PANDANARAN
• LIMIT SCREEN PRINTING
• THRESHOLD
• JAVA AIR MINERAL
• MNC PLAY
• HAZOTEL
• HAZELNUT
• NAYYAZ
• LOCUS
• MONDELEZ
• WEROCK SHOW
• JAMWOOD CUSTOM 📞 More info: 081904341000 (WA)
IG: @Becomeafriend | @lantaitigamusik
. . .
#becomeafriend2017 #lantaitigamusik

]]>
https://www.unpand.ac.id/lantai-tiga-present.html/feed 0